Tuesday, November 29, 2011

Manis-Manis Gurih Roti Asli Manila

Roti asal Manila ini tampilannya sederhana. Berupa roti manis yang diisi keju dan topping krim manis bertabur serutan keju. Perpaduan empuk, manis, dan gurih. Terasa lezat di mulut. Nyam nyam... pencinta keju bakal dibuat ketagihan!




Cheesy ensaymada, nama roti yang satu ini. Mungkin agak terasa asing di telinga. Maklum, makanan dan camilan asal Filipina memang masih jarang dijumpai di Indonesia. Di negara asalnya, cheesy ensaymanda merupakan camilan yang sangat populer yang dimakan sehari-hari.

Hidangan Filipina mendapat pengaruh dari berbagai negara seperti Cina, Spanyol, Amerika, dan Mexico. Cheesy ensaymada merupakan makanan yang mendapat pengaruh dari Spanyol. Pada jaman dahulu camilan ini dibawa oleh bangsa Spanyol ke Filipina. Ensaymada merupakan pastry yang mendapat pengaruh dari Balearic Islands di Majorca.

Ensaymada terbuat dari roti manis yang empuk. Kemiripan roti ini dengan ensaimada dari Maljorka adalah bagian atas roti yang berbentuk seperti spiral. Perbedaannya ensaimada Majorca dominan manis karena memakai isian dan topping krim gula. Sedangkan ensaymada merupakan perpaduan gurih dan manis, karena isinya berupa keju dan toppingnya krim gula dengan taburan keju cheddar parut.

Perpaduan manis dan gurih tersebut membuatnya rasanya jadi unik.Tak heran kalau roti yang satu ini disukai baik tua maupun muda. Buat yang penasaran ingin mencicipinya, di Jakarta beberapa toko roti dan restoran sudah menjual camilan asal Filipina ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software