Thursday, May 3, 2012

Bakso "Kepala Singa" Nikmat & Mengenyangkan






BAGI Anda pencinta bakso, haruslah mencoba kenikmatan bakso ayam lion head dari Resto Xi Men Ding. Dengan ukuran yang besar, kepuasan bersantap pasti akan didapat.

Penamaan "lion head" (dalam bahasa Inggris berarti "kepala singa") pada olahan bakso ini mungkin tidak berlebihan. Lihat saja ukurannya yang besar dan siap mengenyangkan perut para penikmatnya. Inilah bakso ayam lion head, yang merupakan kuliner asal Taiwan.

Bakso berukuran besar memang ditawarkan banyak penjual bakso, namun bakso khas Taiwan ini memiliki perbedaan dalam penyajian. Bakso ayam lion head tidak menggunakan pelengkap berupa mi, bihun, dan sawi hijau.

Sebagai alas penyajian bakso ayam lion head di wadah saji, ditempatkanlah beberapa lembar sawi putih rebus. Kemudian, bakso diletakkan di atasnya, dan tak ketinggalan beberapa jenis sayuran segar yang dicincang halus. Siram bakso dan pelengkapnya dengan kuah kaldu ayam. Lantas, bagaimana cara membuat bakso ayam lion head?

"Kalau di Taiwan, bakso identik dengan daging babi, tetapi untuk konsumen Indonesia, saya menggantinya dengan daging ayam. Kami tahu bahwa masyarakat Indonesia sangat memperhatikan kehalalan makanan," papar Chef Terrence dari Resto Xi Men Ding di acara peresmian Resto Xi Men Ding, Senayan City, Jakarta, Selasa (2/5/2012).

Untuk mencari kesegaran rasa, Chef Terrence menggunakan bengkoang dan wortel ke dalam olahan bakso. Caranya, daging ayam, wortel, bengkoang, udang, daun bawang, sotong dicincang halus, dibentuk menjadi bola-bola bakso, kemudian digoreng.

Chef Terrence menambahkan, buatlah kuah dari kaldu ayam dan beberapa bumbu khas kuliner Taiwan selama dua jam. Dengan penyajian seperti di atas, bakso ayam lion head pun menjadi santapan yang sangat pas dinikmati ketika udara dingin atau sebagai menu pembuka.

okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software