Saturday, June 2, 2012

Makanan Enak dan Sehat ala Vietnam


MASAKAN Vietnam dikenal kaya akan rempah. Selain itu, jenis masakan ini juga kerap dibuat dengan mengutamakan sisi kesehatan.

Makanan khas Vietnam mungkin sudah tidak asing di lidah masyarakat Indonesia. Sebab, bisa dibilang rasanya hampir mirip dengan masakan China. Walaupun begitu, tidak banyak restoran Vietnam yang mampu bertahan lama.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat pengelola Madame Ching. Restoran Vietnam yang berlokasi di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat, ini mampu bertahan dengan menyajikan aneka makanan herbal yang lezat dan orisinal.

Madame Ching beroperasi sejak Agustus tahun lalu. Awalnya, sang pemilik restoran, Ivana Sumampauw, telah lebih dulu membuka restoran Cali Deli. Kalau Cali Deli fokus pada penyajian menu sandwich ala Vietnam, Madame Ching memilih berkutat pada bahan baku mi atau dalam bahasa Vietnam disebut pho.

Kalau Anda berkunjung ke Madame Ching, jangan lupa memesan menu yang menjadi andalan restoran ini. Di antaranya dry green noodle, beef rice noodlesoup atau dikenal dengan namapho bo, dan fresh spring roll. Beef rice noodle soup atau pho bo dibuat dalam porsi yang cukup besar dan disajikan dengan sayuran secara terpisah.

Mi yang terbuat dari beras ini dimasak dengan cara-cara yang pas. Jadi, tidak terlalu lembek ataupun keras, melainkan lebih kenyal sehingga ketika dikunyah dalam waktu yang agak lama pun akan tetap terasa yummy. Kuahnya berwarna hitam kecokelatan dan mengandung banyak minyak yang berasal dari kaldunya. Rasa asin beef rice noodle soup berasal dari kecap ikan sehingga berbeda dengan rasa asin garam.

Saat ingin menikmati makanan ini, Anda disarankan untuk memasukkan semua sayuran yang disajikan terpisah tadi. Sayurannya terdiri atas bawang bombai, taoge, daun bawang, cabai jawa, daun seledri, jeruk nipis, dan daun basil. Lalu ada dry green noodle, yakni mi hijau dari rebusan sayuran pok cayTaiwan yang dicampur dengan taoge, ayam, udang, bakso ikan, dan sawi.

Dry green noodle
disajikan terpisah dengan kuahnya. Cara menikmatinya terserah Anda, bisa disantap dengan menuang kuah ke dalam mi ataupun tidak. Kalau tidak suka makanan yang terlalu berat, Anda bisa memesan fresh spring roll yang penyajiannya tidak digoreng.

Fresh spring roll ini ada dua macam,yang isinya udang dan yang berisi crabstick. Penyajiannya dikombinasikan dengan lettuce cilantro dan sayuran lain. Sebelum menyantapnya dalam satu gigitan besar, celupkan dulu ke dalam saus yang dibuat dari kecap ikan serta bawang putih. Rasanya nikmat sekali. Sayurannya juga segar. Kulit lumpia yang tebal dan kenyal ditambah sausnya yang pas.

Kalau sudah selesai menyantap menu makanan yang sehat dan lezat ini, tidak ada salahnya untuk memesan minuman yang juga jadi andalan Madame Ching, yaitu vietnam dripped coffee. Rasanya seperti kopi luwak dan karena kopi ini dicampur susu kental, jadi tidak terasa bubuk kopinya. Yang juga menjadi nilai plus, rasa kopinya tidak terlalu manis.

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software