Monday, February 27, 2012

Alasan Wine Harus Diputar Sebelum Diminum



ANDA pasti sering melihat atau bahkan melakukan gerakan memutar gelas sebelum mulai meneguk wine. Sebenarnya, apa alasan wine harus diperlakukan demikian?

Pencinta satu ini menganggap bahwa meminumnya bak sebuah pengembaraan. Merasakan setiap tegukannya sama dengan mengajak setiap indera untuk bekerja. Berkelana mencari rasa terbaik, maka teknik menikmatilah yang akhirnya menjadi kunci.

Bila Anda kerap melihat para penikmat wine memutar-mutarkan gelas seraya menciuminya kemudian, itulah kunci menikmati wine. Ini bukanlah sekadar gaya-gayaan ataupun ingin mencari sesuatu yang berbeda saat mengonsumsi sebuah minuman, tapi bertujuan untuk memungkinkan terjadinya proses aerasi pada wine.

"Tujuannya untuk memasukkan oksigen ke dalam cairan. Kita cium cairan tersebut, dengan desain gelas yang sedemikian rupa sehingga hidung bisa masuk bejana (gelas wine-red) dan aroma itu bisa kita nikmati secara penuh. Aroma pun keluar ke udara, mulai 'bangun' dan mengeluarkan jati diri sesungguhnya," jelas Eddy Sugiri, sommelier dan pemilik The Peak Connoisseurs pada acara wine tasting di G.H. Universal Hotel, Jalan Setiabudhi 376, Bandung, baru-baru ini.

Mengakrabi dunia yang masih terasa asing bagi sebagiain orang, wine dipahami Eddy mirip deskripsi kemolekan tubuh wanita. Sebab, wine bicara tentang aroma, after taste (perasaan berlalu setelah meneguknya, juga rasa rindu karena kehilangan), hingga finishing.

"Dunia yang berhubungan dengan proses, untuk orang yang mencintai sesuatu sedalam-dalamnya, mengembara untuk mengenal semakin jauh. Wine adalah dunia pengembaraan," lugasnya.

Sebagai bentuk petualangan yang semakin jauh, Eddy menyarankan untuk penikmat wine pemula mengawalinya dari wine ringan (encer dan tidak pekat) atau white wine daripada red wine yang lebih berat dan wine berumur lebih muda sebelum menikmati wine berusia tua. Ada pula pengembaraan menikmati wine yang kini mulai disukai yakni blind tasting.

Selama blind tasting, penikmat wine tidak boleh melihat label dan bentuk botol serta memakai gelas berwarna gelap untuk menutupi warna wine. Mereka kemudian diminta menjawab daerah asal, harga, warna, umur, dan sebagainya dari wine yang dinikmati.

"Itu pengembaraan yang menyenangkan," tutupnya.

Okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software