Friday, March 16, 2012

Menggeliat Rasa Ikan Nila Saus Pelangi



IKAN nila bukan hanya lezat dalam olahan goreng. Diberi saus khusus, ikan nila siap menjadi santapan yang menggoyah lidah.

Saus yang dapat digunakan untuk mengolah ikan nila adalah saus pelangi, seperti disajikan Panjang Jiwo Resto and Resort. Untuk membuat ikan nila saus pelangi, caranya cukup mudah. Namun sebelumnya, pastikan Anda tidak mengganti ikan nila dengan jenis lainnya.

"Ikan nila memiliki daging tebal meskipun hanya jenis ikan air tawar. Soal harga, ikan nila lebih murah ketimbang ikan gurame," ucap Cut Ira, pemilik Panjang Jiwo Resto and Resort kepada okezone saat ditemui di Cikeas, Sentul Selatan, Bogor, baru-baru ini.

Sisihkan ikan nila yang telah digoreng, lalu segera buat saus pelangi sebagai teman bersantap. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus pelangi, seperti saus tiram, minyak wijen, saus sambal, saus tomat, kecap asin, dan tepung maizena. Aduk semua bahan, lalu beri sedikit air. Tambahkan pula bawang bombay, wortel, nanas, paprika yang semuanya telah direbus dan dicincang halus.

Setelah itu, tumis saus sebentar dan masukkan ikan nila goreng. Masak sebentar hingga saus meresap sempurna seraya menambahkan garam dan gula.

"Setelah sausnya matang, tuang ikan nilanya yang sudah matang. Ikan harus matang dahulu supaya lebih enak," tutupnya.



Okzone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software