Thursday, March 15, 2012

Ayam Klabakan Lezat Sembunyi di Balik Daun



BISA jadi, Anda bosan mengonsumsi ayam dalam olahan goreng. Bila rasa jenuh itu tiba, Anda bisa mengolah ayam dengan cara lain, seperti dibuat ayam klabakan.

Ayam klabakan ala Resto Panjang Jiwo Resto and Resort pada dasarnya sama dengan ayam tangkap yang merupakan kuliner khas Aceh. Namun karena menu ini sekarang masuk ke wilayah Bogor , Jawa Barat, namanya pun diubah menjadi ayam klabakan.

Ayam klabakan yang ditawarkan Resto Panjang Jiwo Resto and Resort berbahan dasar ayam kampung. Sang pemilik, Cut Ira, mengungkapkan alasan penggunaan ayam kampung.

"Kita pilih ayam kampung karena daging ayam kampung terasa lebih manis, rasa dagingnya juga lebih gurih ketimbang ayam broiler," bebernya kepada okezone saat ditemui di Desa Cikeas, Sentul Selatan, Bogor , baru-baru ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah ayam klabakan, di antaranya ayam kampung yang dipotong-potong kecil, daun kemurui, daun bawang, serai, bawang bombai, cabe merah keriting, daun jeruk, dan cabai hijau besar. Daun bawang, bawang bombai, dan daun kemurui dicincang halus sedangkan daun jeruk, cabai hijau besar, cabai merah keriting, serta serai dibiarkan utuh.

Proses memasaknya, tumis ayam sampai berubah warna, angkat, kemudian sisihkan. Kemudian, tumis bumbu-bumbu yang telah dicincang halus, dan bila sudah wangi, masukkan ayam. Tumis sebentar lalu masukkan cabai besar, daun jeruk, cabai hijau besar serta serai, tumis lagi hingga ayam matang lalu angkat

“Bila ayam dipotong dalam bagian yang besar, bumbu akan sulit meresap. Kemudian, masak ayam menggunakan api kecil agar matangnya bisa menyeluruh,” tutupnya.



okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software