Monday, March 19, 2012

Rotan pun Disulap Jadi Makanan Lezat



BILA mendengar kata rotan, tentu kita akan lebih teringat pada kerajinan tangan seperti anyaman. Namun, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, rotan bisa dijadikan bahan makanan.

Umbut rotan adalah salah satu sayur khas Palangkaraya yang berbahan dasar rotan. Bukan hanya rotan, dalam sayur umbut rotan juga terdapat talas atau orang setempat menyebutnya keladi.

Sepintas, umbut rotan mirip opor berisi rotan dan talas, tapi kuahnya lebih encer. Bumbu kuah umbut rotan terdiri dari kemiri, kunyit, lengkuas, bawang putih, bawang merah, dan garam.

Sebelum dimasak, rotan dikupas terlebih dahulu dan diambil bagian tengahnya serta dipisahkan dari durinya. Kemudian, rotan direbus selama kurang lebih lima menit agar tidak terlalu keras sekaligus mengurangi rasa pahitnya.

Saat dimakan, memang terasa sedikit rasa pahit, tapi tetap rasa gurihnya mendominasi. Ditambah sepiring nasi hangat akan menjadi hidangan yang cocok di siang hari.

Selain umbut rotan, masakan khas Palangkaraya lainnya adalah mandai (cempedak) goreng, ikan seluang goreng dan sambal serai. Semua tersaji nikmat bila ditemani sambal khas Palangkaraya. Dengan nasi yang masih hangat, mandai goreng dan ikan seluang goreng dicocol sambal akan menjadi menu pilihan lain bila Anda mengunjung Kota Palangkaraya.


Okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software