Friday, March 23, 2012

Seafood dengan Api Menyala di Meja Tamu

Jakarta - Bila banyak restoran sushi di dunia mendapat inspirasi dari pasar ikan Tsukiji di Tokyo, maka pasar ikan Fulton Street di dekat Brooklyn Bridge di Manhattan, New York, memberi inspirasi bagi penampilan berbagai restoran seafood di kota-kota besar dunia. Bahkan Legal Seafoods yang populer di Boston pun sebetulnya mengikuti gaya Fulton Market di New York ini.


Restoran bergaya casual dining dari New York ini sejak lama sudah buka cabang di Singapura dan Malaysia, dan mulai muncul di Jakarta sejak hadirnya Grand Indonesia.

Uniknya, MFM punya sharing menu – yaitu porsi besar untuk dinikmati berdua atau bertiga. Manhattan Seafood Platter for Two (Rp 179 ribu), misalnya, adalah menu yang cocok untuk Anda nikmati berdua dengan sang kekasih. Ikan bakar, cumi goreng, dan tiram, tersaji di hamparan nasi mentega berbumbu bawang putih dan kentang goreng. Porsi mantap, lengkap, dan memuaskan.

Bila mau lebih mewah, pilihannya adalah Grilled Flaming Whole Lobster Platter (Rp 379) – juga porsi yang cukup untuk berdua. Seekor lobster, ikan bakar, cumi, dan udang, disajikan di atas sepiring besar nasi mentega berbumbu bawang putih dan kentang goreng. Istimewanya lagi. Di meja Anda, pramusaji akan menyalakan torch dan kemudian membakar (flambe) garlic herb sauce yang menyalut lobster.

Atraksi membakar sajian di meja ini juga tersedia untuk porsi individual, yaitu The Manhattan Flaming Platter for One (Rp 99 ribu).

Sayangnya, gerai MFM yang di Jakarta ini tidak menyediakan berbagai menu ikan khas yang saya sukai bila berkunjung ke MFM New York. Misalnya, di sini tidak ada Alaskan pollock, swordfish maupun Cajun fried oysters-nya yang istimewa. Fish and chips yang merupakan menu paling populer pun di sini disajikan dengan jenis ikan yang berbeda, yaitu dari filet ikan dory (semacam patin berdaging putih yang dibudidayakan di Vietnam).

Sebagai gantinya, MFM Jakarta punya menu yang justru tidak dipunyai di New York sana, yaitu slipper lobster alias udang kipas. Porsi ini juga disajikan dengan atraksi membakar garlic herb sauce di meja tamu.

Selain teknik flambe yang dilakukan di meja tamu, signature MFM sebetulnya adalah garlic herb sauce-nya yang diklaim sebagai "high in protein, low in fat." Garlic herb sauce ini mirip mayonaise dengan citarasa bawang putih yang intens. Bumbu bawang putih ini selalu hadir, khususnya untuk menyalut lobster, udang dan ikan yang disajikan. Garlic herb rice-nya juga memililiki citarasa yang serupa. Bawang putihnya nendang!

Kalau Anda penggemar Fish & Co yang sudah lebih dulu hadir di Jakarta, The Manhattan Fish Market mau tidak mau akan mengingatkan kita pada ambience dan penampilan Fish & Co itu. Beda-beda tipis lah, kecuali pada atraksi flambe yang memang masih memukau cukup banyak tamu.

The Manhattan Fish Market
Grand Indonesia
Level 3A, Unit 06-06A
Jl. MH Thamrin 1
Jakarta Pusat
021 235 81055

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software