Thursday, April 26, 2012

Nikmatnya Kupat Tahu Gempol






JIKA Anda mampir ke Kota Bandung, Jawa Barat, jangan lewatkan untuk mencicipi kupat tahu gempol.

Kupat tahu gempol biasa dijajakan di Jalan Gempol dekat Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Kuliner ini memiliki rasa yang terbilang sederhana, tapi cukup menggugah selera.

Rika, penjual kupat tahu gempol, mengaku bila olahan ini diadopsi dari kuliner Tasikmalaya yang kemudian dimodifikasi dengan menambahkan tauge. Sebab awalnya, kupat tahu hanya terdiri dari kupat alias ketupat dan tahu yang disiram bumbu kacang dan sedikit kecap.

Menurut Rika, tauge mampu memberikan cita rasa berbeda pada kupat tahu gembol, terlebih kadar proteinnya juga bagus.

"Kita ingin ada sayuran karena yang kita tahu tauge ada kandungan proteinnya. Tauge juga fleksibel ketika dicampur bahan lain. Kalau pakai sayuran lain, rasanya kurang mantap," katanya kepada Okezone usai acara pembukaan Festival Kuliner Rakyat Indofood di Museum Arsip Nasional, Jakarta, Rabu (25/4/2012).

Sementara, bumbu kacang yang disiramkan pada tahu dan tauge dibuat dengan dominasi rasa manis. Untuk penikmat yang  menyukai rasa pedas, tersedia sambal yang siap menyemarakkan momen bersantap. Tebaran bawang goreng akan semakin menggugah selera.

"Bumbunya kita olah dari kacang goreng tanpa kulit yang digiling sampai halus kemudian dicampur bahan pelengkap, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, air asam, santan, gula merah, gula pasir, dan garam yang dilarutkan bersama sampai harum," tutupnya.

okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software