Monday, April 2, 2012

Sate Hiu Penggugah Selera & Penambah Stamina



APABILA Anda berkunjung ke daerah Probolinggo, Jawa Timur, rasanya belum lengkap bila tidak mencicipi kuliner sate hiu. Selain rasanya enak dan murah, sate ini dipercaya bisa menambah stamina.

Adalah kedai Centro, terletak di Jalan Suyoso, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, milik Haji Wawan Setiawan, yang menyajikan kuliner sate Hiu. Bisnis makanan yang digelutinya lima bulan lalu selalu dikunjungi pelanggan hanya untuk menikmati sajian sate dari ikan yang terkenal ganas ini. Pelanggannya mengaku kuliner ini selain rasanya enak, gurih, juga bisa menyehatkan dan menambah stamina.

Berawal dari pria lulusan SMK jurusan memasak ini memiliki usaha pengiriman ikan, kemudian mencoba mengelola ikan hiu untuk dijadikan sate, karena saat ini dirinya tidak memiliki daging ayam atau kambing, dan kemudian muncul ide untuk menjual sate hiu. Dengan dibantu empat karyawan, kini usaha Wawan dalam sehari bisa meraup keuntungan sekira Rp. 400 ribu hingga Rp 500 ribu.

Proses pembuatan sate hiu sangat sederhana, mirip dengan pembuatan sate ayam, dan kambing pada umumnya. Ikan hiu dibersihkan dari kotoran dan tulang kemudian daging hiu diiris berbentuk kubus dan disunduk yang kemudian selanjutnya dibakar.

Yang paling sulit adalah menghilangkan bau amis dan bau pesing dari ikan ini. Untuk menghilangkan bau pesing dan amisnya, Wawan memiliki trik sendiri, yakni dengan menambah bumbu-bumbu yang dirahasiakan.

Bila sate bewarna kecoklatan, itu pertanda sate sudah matang, lebih sedap dan nikmat sate ini dipadu dengan irisan bawang merah, lombok, dan kecap, dan sate hiu siap disajikan. Per porsi sate hiu diberi harga Rp20 ribu,




Okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software