Sunday, April 22, 2012

Seruput Kopi, Baiknya Gunakan Gula Merah




JIKA ingin menikmati cita rasa kopi sesungguhnya, sebaiknya jangan menambahkan gula. Rasa manis hanya akan merusak cita rasa kopi.

"Manis gula menghancurkan rasa kopi. Selama ini, masyarakat selau berpikir bahwa kopi itu pahit, jadi harus menggunakan gula untuk mengurangi rasa pahitnya," papar Ina A. Murwani, Executive Director Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, kepada okezone saat ditemui di Liberica Coffee, Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, belum lama ini. Menurut Ina, beberapa jenis kopi pada dasarnya memiliki rasa manis alami yang berasal dari bijinya.

Selain menghancurkan cita rasa kopi, pemberian rasa manis terutama berasal dari gula pasar, akan menghilangkan aroma kopi. “Terutama kopi arabika karena ada rasa alami di dalamnya, juga kopi Ethopia yang terdapat rasa wine dan ada cherry. Kalau diberi gula, maka rasa aslinya tidak akan terasa," tukasnya.

Dirinya juga menyarankan, jika Anda tetap ingin menambah rasa manis ketika mengonsumsi kopi, sebaiknya berikan gula merah (brown sugar). "Gula merah itu natural, tidak ada proses air nira, tidak ada pemutihan, masih banyak komponen karamel asli dari buah. Kalau gula putih sudah ada rafinasi (pemutihan-red)," tutupnya.




okefood.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software