Saturday, April 14, 2012

Tips Cegah Potongan Apel berubah Menjadi Coklat







BANYAK rahasia mengolah bahan makanan yang mungkin belum Anda ketahui. Bila sudah mengetahui, aktivitas memasak tentu akan lebih menyenangkan dan masakan lebih nikmat.

Berikut beberapa rahasia dapur yang perlu dipahami, seperti dilansir Shine, Jumat (13/4/2012):

Agar potongan apel tidak cokelat

Percikkan kayu manis pada potongan apel untuk memberikan cita rasa berbeda. Cara ini juga berguna menghentikan pperubahan warna cokelat pada apel yang sudah dipotong.

Telur tua lebih mudah dikupas

Agar lebih mudah mengupas telur rebus, mulailah dengan telur berusia lebih tua. Telur yang baru menetas memiliki pH lebih rendah pada bagian putihnya, sehingga lebih sulit dikupas. Sementara, telur yang lebih tua akan lebih dikupas.

Lemon untuk membersihkan bakteri

Gunakan lemon untuk membersihkan kotoran pada talenan. Air jeruk lemon merupakan pembersih yang kuat, berkat tingginya keasaman, membuat kayu dan permukaan lainnya aman dari bakteri. Remas lemon lalu gosokkan ke permukaan talenan dari bakteri yang mungkin masih menempel saat proses pembersihan tidak sempurna.

Kupas bawang putih

Cara termudah untuk mengupas kulit bawang putih menekan bagian atasnya dengan sisi datar pisau. Saat kulit sedikit rusak, Anda tinggal melepasnya tanpa menggunakan pisau.
 
Mengukur air untuk memasak nasi


Gunakan jari telunjuk Anda untuk mencari tahu berapa banyak air yang diperlukan dalam memasak nasi. Tempatkan beras dalam panci, isi air, kemudian taruh jari telunjuk Anda untuk mengukurnya dari permukaan beras paling atas. Ukuran air yang pas adalah tidak lebih dari satu ruas jari telunjuk.

Bila madu atau selai mengeras

Manfaatkan air hangat untuk melunakkan madu atau selai yang mengeras. Caranya, rendam botol madu atau selai pada wadah berisi air hangat sekira 15 menit. Madu dan selai pun siap digunakan.


okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software