Tuesday, May 15, 2012

Agar si Kecil Tak Memusuhi Sayuran






SAYURAN biasanya kurang digemari anak-anak, mungkin karena rasanya yang tawar. Kalau si kecil termasuk yang tidak doyan sayuran, Anda perlu siasat agar ia tetap memeroleh asupan bergizi.

Banyak kaum ibu kerap memaksa anaknya mau mengonsumsi sayuran. Alih-alih berhasil, mereka justru memusuhi sayuran yang merupakan sumber gizi penting bagi pertumbuhannya.

Agar si kecil mau makan sayuran, simak beberapa kiatnya, seperti dilansir Babble:

Menjadikan sayuran bukan sebagai musuh


Sajikan sayuran dengan bahan makanan lain yang disukai si kecil, seperti tomat dengan stroberi, brokoli dengan keju, dan sebagainya. Lantaran mencampurkan sayuran yang tidak disukainya ke dalam makanan favorit, dia mungkin tidak menyadari siasat ini.

Tak perlu menyembunyikan sayuran pada makanan lain


Siasat menyembunyikan sayuran ke dalam makanan lain kerap dipilih agar anak menyukai sayuran. Saran terbaik, tetap sajikan makanan tersebut apa adanya, misal cake tetap menjadi cake, brokoli tetap menjadi brokoli, dan sebagainya.

Biarkan si kecil mengetahui rasa brokoli yang sebenarnya sebab menyembunyikan rasa sayuran hanya akan menjauhkannya dari tujuan akrab dengan sayuran. Kalau dia belum mau menyantapnya sebanyak yang Anda harapkan, ajarkanlah secara perlahan.

Cari alternatif

Setelah mengetahui si kecil tidak suka sayuran tertentu, jangan terus-menerus memaksanya. Misalkan anak tidak suka selada, tetaplah untuk berada di dekatnya untuk memberi pemahaman soal manfaat sayuran. Anda bisa menggantinya dengan irisan tomat atau mentimun, yang mungkin lebih dia sukai.

Sajikan dengan rasa yang enak

Sayuran memang memiliki rasa yang tawar, tapi jangan membiarkan kebiasaan si kecil tidak menyukainya. Karena itu, sajikan sayuran dalam variasi olahan yang lezat.

Jangan berikan pilihan pada anak

Jangan memberikan si kecil pilihan untuk tidak menyantap sayuran. Bagaimanapun, dia harus mengonsumsi makanan sumber gizi ini.

Jelaskan manfaat sayuran secara menyenangkan

Gambarkanlah sayuran sebagai alat-alat pembangun sel dalam tubuhnya. Berikan penjelasan yang masuk akal dan bisa diterimanya, seraya menjelaskan bahwa sayuran penting bagi pertumbuhan tubuh dan memberikan nutrisi pada otaknya.

okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software