Sunday, May 20, 2012

Apakah Kulit Sayuran Layak Dimakan?






BIASANYA, kulit sayuran selalu berakhir di tempat sampah. Kulit kentang, kulit jeruk, dan kulit lainnya ternyata masih bisa dimanfaatkan. Bagaimana bisa?

Kulit sayuran bisa dimakan, bahkan sarat gizi. Kenyataannya, kulit sayuran bisa diolah menjadi makanan lezat dengan metode memasak yang tepat. Anda pun akan mendapat bonus, tidak hanya dari sayurannya.

Simak ulasan mengenai manfaat yang bisa diambil dari beberapa kulit sayuran berikut ini, seperti dilansir Boldsky:

Kulit kentang

Anda pasti akan terkejut bila mengetahui bahwa kulit kentang merupakan sumber yang kaya vitamin C dan vitamin B6. Kulit kentang juga mengandung mineral, seperti mangan, tembaga, dan kalium yang penting bagi kelancaran fungsi tubuh Anda. Bahkan, kulit kentang merupakan sumber serat makanan yang baik untuk meningkatkan gerak usus.

Apakah Anda khawatir bila kalori yang melimpah pada kulit kentang goreng bisa membuat gemuk? Tidak perlu khawatir, Anda bisa merebus kulit kentang untuk menghilangkan kadar lemaknya lalu taburkan kulit kentang dengan lada bubuk setelah matang.

Selain itu, jajal pula olahan kentang panggang tanpa mengupas kulitnya. Rasanya tetap lezat, kok. Anda juga bisa membuat kentang goreng iris dengan kulit tidak dikupas (potato wedges).

Kulit jeruk

Contoh lain adalah jeruk lemon atau jenis jeruk lainnya. Jeruk merupakan sumber vitamin C. Kulit jeruk bisa diolah menjadi manisan kulit jeruk, caranya didihkan kulit jeruk dalam sirup gula. Bisa juga dengan mengeringkan kulit jeruk setelah membuang sarinya untuk menghilangkan rasa pahit. Kulit jeruk kering dapat digunakan sebagai hiasan kue (cake garnish).


okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software