Tuesday, May 22, 2012

Bumbu & Rempah Rangsang Nafsu Makan






Bumbu dan rempah-rempah

Bumbu dan rempah-rempah baik untuk kesehatan, juga merangsang nafsu makan. Kunyit, misalnya, umumnya digunakan dalam pengobatan tradisional India untuk merangsang nafsu makan. Kunyit juga dipakai untuk membantu pencernaan. Jahe juga mempunyai manfaat yang sama, selain mengurangi kram perut dan mengatasi mual. Ada pula peterseli, yang mampu mengobati rematik selain dipercaya merangsang nafsu makan.

Asupan protein harus tercukupi

Zat protein bisa membantu perut mampu mencerna makanan dengan baik juga mengatasi rasa lapar. Jika Anda sehari-hari mengonsumsi protein di bawah 15 persen dari kebutuhan harian, maka rasa lapar akan mudah menyerang. Anda bisa mengonsumsi biji chia di pagi hari, yang sangat tinggi kandungan proteinnya. Biji chia juga mengandung lemak omega-3 yang baik. Cara mengonsumsinya, rendam biji chia dengan air selama beberapa menit lalu tambahkan blueberry ketika menyantapnya. Cara lainnya, bisa juga dengan mengonsumsi telur rebus dan yogurt Yunani.
 
Minum sebelum makan malam
 

Segelar anggur putih sebelum makan akan merangsang nafsu makan. Dengan kadar alkohol yang kecil, maka pencernaan akan mulai memroduksi asam sehingga perut akan siap mencernanya. Namun, hingga sekarang belum ada bukti bahwa minuman beralkohol adalah cara yang lebih baik ketimbang minuman lain sebagai perangsang nafsu makan.

Gula dan garam


Dengan tambahan garam pada kentang goreng maupun sereal untuk sarapan, maka indera pengecap Anda akan semakin ‘nagih’ untuk makan dan makan lagi. Gula dan garam, keduanya merupakan perangsang nafsu makan yang berbeda. Istilah ilmiahnya adalah rasa kenyang spesifik sensorik, artinya bahwa Anda bisa merasa benar-benar kenyang dengan mengonsumsi asupan asin, di saat yang sama sensor rasa lapar Anda juga meminta makanan manis.

Makanan diet

Anda sudah tahu bahwa banyak makanan rendah lemak mengandung gula, karbohidrat, dan natrium untuk meningkatkan rasa. Pemanis buatan dalam minuman ringan juga bisa merangsang nafsu makan. Untuk nutrisi yang lebih baik serta lemak sehat, ganti dengan konsumsi minyak zaitun atau kanola pada olahan salad.

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software