Wednesday, May 23, 2012

Sayuran Sehat, Namun Banyak yang Tak Suka






APA yang kita sukai belum tentu baik untuk diri, begitupun sebaliknya. Prinsip ini berlaku pula pada konsumsi sayuran.

Sayuran mempunyai banyak ragam, mulai sayuran hijau, sayuran putih, dan lainnya. Sayang, beberapa di antaranya kurang disukai lantaran rasanya, padahal memiliki kandungan yang baik untuk kebutuhan gizi tubuh.


Brokoli

Brokoli bisa diolah kukus dalam bentuk utuh bersama kentang untuk pengganti nasi. Sayuran hijau ini juga bisa ditumis bersama bawang putih dan sedikit minyak zaitun.

Faktanya, brokoli bagus untuk mengurangi penyakit tumor. Antioksidan yang menjadikan brokoli berwarna hijau cantik, disebut sulforaphane, mampu meminimalisir potensi kanker.

Kubis

Sayuran ini bisa mendetoksifikasi zat penyebab kanker dalam tubuh sebelum sel kanker bekerja. Dalam penelitian di Belanda, orang yang makan sayuran ini setiap hari selama tiga pekan bisa mengurangi kerusakan genetik (akar permasalahan kanker). Cara pengolahannya bisa dengan dipanggang bersama bawang bombay kemudian aduk sambil dituangi rice vinegar.

Kubis

Mengonsumsi kubis beberapa kali dalam sepekan dapat mengurangi risiko kanker, seperti payudara, prostat, dan kolon. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 300 wanita di China yang berpotensi kanker, diminimalisir risikonya hingga 45 persen ketika mengonsumsi isothiocyanates (terdapat di kubis). Masak kubis merah, iris bersama apel, dan kismis lalu tambahkan pada jus apel.

Terong

Dengan diolesi minyak zaitun serta diberi taburan oregano dipanggang, terong bakar bisa membantu Anda menurunkan kolesterol.

Daun kale

Rasa daun kale cenderung pahit. Untuk mengimbanginya, daun kale bisa direbus. Kale memiliki senyawa yang disebut glucosinolate sebagai pelawan kanker.

Bayam

Bayam bisa dimakan secara mentah pada olahan salad dengan sedikit cuka apel serta minyak zaitun maupun minyak kanola. Faktanya, bayam sangat tinggi kandungan vitamin A, B6, C, dan K. Kadar kalsium pada bayam juga bagus.

Bit

Bit memiliki kekuatan untuk menghancurkan kanker, terutama pada kaum wanita. Bit bisa diolah menjadi jus dengan penambahan lemon, kismis, serta seledri. Bisa juga dipanggang bersama balsamic vinegar.

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software