Wednesday, May 30, 2012

Pilihan Terbaik Menyimpan Kentang



KENTANG merupakan sayuran populer di hampir seluruh dunia. Diolah dalam berbagai metode, kentang akan selalu lezat disantap, tapi penting untuk memerhatikan cara penyimpanannya.

Awalnya, kentang tumbuh di dataran tinggi di Amerika Selatan pada lebih dari 2.000 tahun lalu. Bentuknya kecil, rasanya pun pahit.

Untungnya, hal demikian tidak menghalangi masyarakat suku Andes untuk mengakui nilai gizi sayuran berjenis umbi ini. Secara perlahan, mereka belajar mengolah kentang menjadi tanaman yang bisa dimakan. Seiring waktu, kentang mulai ditanam dan menjadi makanan pokok di hampir seluruh dunia.

Kandungan gizi kentang terdiri dari vitamin C, beberapa vitamin B, sedangkan varietas kentang yang dagingnya terdapat warna merah tergolong tinggi antioksidan. kulit kentang mengandung kadar serat yang baik, karenanya disarankan untuk tidak mengupas kulit kentang ketika merebusnya.

Kentang mungkin terlihat sulit disimpan karena mudah memar sehingga butuh penanganan yang tepat. Kentang tetap terjaga baik bila disimpan di tempat gelap dan sejuk. Kentang akan tetap memiliki cita rasa lezat bila disimpan pada udara dingin. Cita rasa asli kentang akan berubah bila disimpan dalam kulkas.

Upayakan kentang terhindar dari cahaya agar tidak berubah warna menjadi hijau akibat pembentukan klorofil. Jika ini terjadi, kentang sebaiknya dibuang. Kentang yang masih baru sangat rentan hal demikian, jadi lebih mudah menyimpan kentang dalam jumlah sesuai porsi.

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software