Thursday, May 31, 2012

Rendang Jadi Makanan Paling Enak di Dunia







TERPILIHNYA rendang sebagai makanan paling enak di dunia,menjadi semacam hentakan yang mengagetkan orang Indonesia sendiri.

"Padahal, selama ini boleh dibilang masakan Indonesia di mancanegara hampir tidak pernah terdengar gaungnya. KBRI pun relatif jarang mempromosikan kuliner Nusantara,” ungkap pengamat kuliner William Wongso beberapa waktu lalu.

Rendang terpilih karena memang menu ini dikenal dari Sabang sampai Merauke. Bahkan rendang Padang bukan hanya dikenal di kota tersebut. Masyarakat Jawa juga membuat rendang sendiri dengan cita rasa manis yang sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Jawa.

Dalam kaidah kuliner pun rendang dikenal cukup unik. Tampak dari proses pengolahannya yang makan waktu berjam-jam sampai matang. Sajian daging ini juga bisa bertahan dalam waktu cukup lama dengan penyimpanan yang tepat.

Seharusnya dunia kuliner tak seharusnya berhenti di titik ini saja. Karena selain rendang masih banyak lagi menu khas Nusantara yang layak diandalkan dan memiliki rasa yang nikmat. Salah satunya adalah semur.

Semur sebenarnya tidak hanya miliki warga betawi, ternyata wilayah lain di Indonesia pun memiliki masakan semur yang mencerminkan budaya mereka. Sebut saja Semur Soun yang merupakan khas daerah Yogyakarata. Adapula semur daging pontianak yang menggunakan daging kambing dan dihidangkan bersama roti cane. Bahkan wilayah Ternate pun memiliki masakan semur dengan ciri khas rasa asam pedasnya.

Sayang, upaya ini memang tidak mudah. Butuh usaha yang ekstra keras untuk mengatasinya. Tapi harapan itu tetap ada. Setidaknya di tengah semakin bangganya warga Indonesia akan kuliner Nusantara, seharusnya semur juga bisa cepat mendapatkan hati baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software