Friday, March 2, 2012

Rasa Kampung Halaman di Taliwang Bersaudara



Jakarta - Sebuah rumah makan yang khusus menyediakan masakan Sasak (Lombok) yang sudah punya nama di Jakarta sejak 20 tahun yang lalu, bagi para penggemarnya, RM Taliwang Bersaudara adalah bagaikan pulang ke kampung halaman.

Awalnya, RM Taliwang Bersaudara memang bermula di Cakranegara, Lombok. Upayanya menguak isolasi kuliner Lombok berhasil setelah membuka cabang di Bali pada tahun 1986. Tidak lama setelah cabang Bali dibuka, Taliwang Bersaudara mendapat pesanan dari Istana Tampaksiring ketika Presiden Soeharto liburan di sana bersama keluarganya. Ternyata, Pak Harto dan Bu Tien jatuh cinta berat dengan sajian khas Sasak ini. Ayam taliwang pun sering dipesan untuk dikirim ke Jalan Cendana.

Tak heran bila RM Taliwang Bersaudara pun tak lama kemudian sudah berhasil menembus ibukota negara. Cabangnya yang pertama berlokasi di Tebet, kemudian tambah lagi di Kebayoran Baru. Berada di kawasan elite ini membuat Taliwang Bersaudara semakin berkibar sebagai penyaji masakan dari Pulau Lombok. Sekarang juga ada cabang di Bandung dan Auckland (New Zealand).

Sajian paling populer di rumah makan ini adalah ayam bakar taliwang (Rp 32 ribu). Bahannya adalah ayam kampung muda berusia sekitar 45 hari, dibakar utuh dengan bumbu plecing. Dagingnya manis empuk. Gurih-gurih pedas! Aroma trasinya membuat termimpi-mimpi. Top markotop!

Teman paling serasi untuk mendampingi ayam bakar taliwang adalah beberuk terung atau plecing kangkung (Rp 11 ribu). Beruk terung adalah terong yang dipotong dadu halus, dalam sambal tomat dan trasi yang sungguh nendang. Plecing kangkung dari kangkung dan tauge rebus, parutan kelapa disangrai dengan bumbu, ditaburi kacang tanah, dan topping sambal tomat trasi yang khas.

RM Taliwang Bersaudara juga menyajikan aneka sate khas Sasak, yaitu sate pencok (dari kulit sapi), dan sate pusut (seperti sate lilit Bali, dari daging sapi cincang dan parutan kelapa muda). Aneka sate Sasak ini dibandrol Rp 15 ribu per porsi.

Bila berkunjung ke RM Taliwang Bersaudara, ada satu menu yang tidak akan mungkin saya lewatkan, yaitu ceplok telur asin (Rp 5 ribu). Ya, telur asin yang digoreng mata sapi. Unik bukan? Tidak ada dua. Hanya ada di sini. Mak nyuss! Jangan pula lewatkan tahu dan tempe gorengnya yang sungguh beda.

RM Taliwang Bersaudara
Jl. Panglima Polim IV No. 125
Jakarta Selatan
021 7252863

Detik.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software