Sunday, March 4, 2012

Sedapnya Kepiting Bakar



SELAIN enak diolah dengan cara dibakar serta ditumis, kepiting juga nikmat dalam olahan dibakar. Hasilnya, sensasi rasa yang berbeda.

Untuk membuat kepiting asap, Anda harus mengolahnya melalui dua cara, yakni dengan cara disteam terlebih dahulu baru kemudian dibakar. "Kepiting asap diolah dari kepiting biasa, di-steam, terus dibungkus daun pisang, dan dibakar. Untuk bumbunya mirip sama ikan sukang parape, tapi diberi tambahan jahe, cabai, dan ebi," jelas Chef Iwan Setiawan dari Resto Seafood Pantai Mutiara kepada okezone saat ditemui di Jalan Wolter Monginsidi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ikan sukang parape yang merupakan kuliner khas Makassar menggunakan bumbu, antara lain bawang merah, asam jawa, dan gula jawa. Untuk pengolahan awal, steam kepiting yang telah dibuka dengan dua bumbu agar aroma amisnya hilang, yakni daun bawang dan jahe. Steam selama 15 menit dengan kepiting dialasi dan ditutupi daun pisang.

"Steam dengan suhu api sedang, tujuannya supaya daging tidak lengket di cangkang. Kalau sudah berwarna putih, tandanya daging sudah matang," tambahnya.

Sementara kepiting yang telah di-steam disisihkan, proses selanjutnya adalah menumis bumbu bakar. Caranya, bumbu yang telah dihaluskan ditumis kemudian gunakan untuk melumuri kepiting.

“Ebi juga ditumis bersama cabai, bawang merah, air asam, dan air gula.," tambahnya.

Terakhir, kepiting dibakar hingga mengeluarkan aroma harum. Benar-benar menggoda nafsu makan!


okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software