Thursday, April 12, 2012

Cara Aman Konsumsi Sayuran Beku Tanpa Bakteri


SAYURAN harus disimpan pada suhu yang tepat. Untuk sayuran beku, sebaiknya tidak didiamkan pada suhu ruangan sebelum akhirnya dipakai supaya bakteri tidak berkembang.

Berikut tiga cara paling aman menggunakan sayuran beku, seperti diulas Ehow, Rabu (11/4/2012):

Untuk sayuran tertentu
Mendiamkan sayuran beku pada suhu ruangan (dicairkan) akan memungkinkan sayuran menjadi layu, kecuali kembang kol, jagung, brokoli, dan sayuran berdaun seperti bayam, yang akan terasa lebih enak dan renyah jika dicairkan sebelum dimasak.

Masak segera
 

Sebaiknya, jangan mengonsumsi sayuran yang telah didiamkan pada suhu ruangan selama lebih dari satu jam setelah pencairan. Cara ini dapat mengundang munculnya bakteri dan menyebabkan keracunan makanan karena proses pembekuan pada dasarnya tidak membunuh bakteri, hanya bersifat membekukan. Bakteri mulai berkembang biak setelah sayuran dicairkan. Oleh karena itu, masaklah sayuran sesegera mungkin.

Metode
 

Untuk cara aman mengonsumsi sayuran beku, pindahkan sayuran dari freezer ke kulkas beberapa menit sebelum dimasak. Atau, diamkan sayuran pada suhu ruangan dengan sebelumnya dimasukkan ke kantong plastik tertutup. Rendam dalam air dingin sekira 30 detik lalu masak segera setelah sayuran dicairkan.

okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software