Monday, May 7, 2012

Asam Manis Olahan Buah Kelubi






BANYAK makanan yang bermanfaat untuk menambah selera makan Anda, salah satunya manisan buah kelubi. Makanan ini lebih pas jika disajikan dengan minuman hangat. 

Harwanto, Chef Resto Kampoeng Bangka mengatakan, buah kelubi ini memiliki kesamaan dengan buah salak. Perbedaaannya, hanya pada buahnya saja.

“Buah kelubi cocok dijadikan manisan karena mempunyai rasa yang khas, yaitu asam,” tuturnya saat berbincang dengan Okezone di Festival Kuliner Bangka 2012 di FX, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (6/5/2012).

Untuk membuat manias dari buah kelubi memang tidak sulit. Caranya, buah tersebut dibersihkan terlebih dahulu agar bakteri dan kotoran hilang.

"Proses pembuatannya hanya sebentar, cukup lima menit saja. Proses pembersihan yang menghabiskan waktu lama, khususnya pada bagian kulit harus bersih,” jelasnya.

Agar buah kelubi terasa manis, selama proses perebusan bisa ditambahkan dengan gula putih. “Kalau bukan gula putih, rasanya tidak ‘tajam’,” katanya.

Menurutnya, buah kelubi sejenis pohon salak dan memiliki duri. Biasanya, tanaman ini tumbuh secara alami di hutan.

“Untuk menghilangkan rasa asam, buah kelubi harus direbus. Namun, prosesnya tidak lama. Kalau terlalu lama, buah kelubi terasa datar saat dimakan,” tutupnya.

okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software