Sunday, May 6, 2012

Trik-Trik Sukses Memasak Ikan






MEMASAK ikan, apakah digoreng, dibakar, dikukus, ataupun dipanggang, tetap saja ikan merupakan bahan makanan yang membutuhkan waktu untuk dimasak.

Ikan adalah hasil laut yang mengandung protein sehat untuk jantung dan asam lemak esensial disebut omega-3. Setidaknya, ada 50 jenis ikan yang bisa dimasak dan dikonsumsi.

Mengolah ikan tentulah disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Terdapat beberapa trik memasak ikan agar ikan bisa menjadi sumber gizi yang menyehatkan tubuh Anda, seperti diulas Ehow, Jumat (4/5/2012) berikut ini:

Berapa lama masak ikan?

Sebelum diolah, ikan sebaiknya dicuci dengan air bersih. Kemudian, keringkan ikan dengan handuk kertas sebelum dimasak.

Jika diolah panggang atau kukus, masak ikan selama 10 menit, tetapi sesuaikan dengan ketebalan dagingnya. Ikan yang sebelumnya dibekukan membutuhkan waktu 20 menit untuk dimasak. Sementara, ikan mengandung minyak, seperti salmon, baring, dan tuna, sebaiknya diolah rebus, kukus, atau panggang untuk mengurangi kandungan lemaknya.

Usahakan pertahankan kadar vitamin dan mineral pada ikan, caranya tidak mengolah terlalu matang. Bila terlalu matang, daging ikan akan mengering yang menyebabkan teksturnya menjadi kasar.

Penambah rasa

Untuk memasak ikan, sudah pasti Anda harus memberikan beberapa bahan untuk memberi rasa, salah satunya air perasan jeruk lemon. Cara menggunakannya, gosokkan jeruk lemon pada tangan atau jari untuk mencegah bau amis pada kulit Anda. Berikan pula air perasan jeruk lemon pada seluruh bagian ikan sebelum dimasak.

Pada olahan panggang, jeruk lemon berfungsi mencegah ikan berubah warna saat dimasak sedangkan pada olahan rebus, irisan jeruk lemon berguna menjaga ikan tidak hancur.

Selain jeruk lemon, tambahkan pula bumbu dan rempah lainnya, baik segar maupun kering, seperti thyme, lada, bawang putih, dan jahe. Mentega atau minyak juga bisa ditambahkan pada ikan sebelum dimasak yang berfungsi menambah rasa dan kelembapan pada ikan. Gunakan minyak atau mentega dengan cara dioles pada dua sisi ikan sebelum diolah, baik ditumis, dipanggang, maupun direbus.

Sukses menggoreng

Salah satu mengolah ikan adalah dengan cara digoreng; sekira lima menit pada ikan utuh dan dua menit untuk ikan fillet. Gunakan minyak yang cukup untuk menggoreng kedua sisi ikan. Namun, jangan gunakan minyak yang berlebihan karena akan menurunkan suhu dan menyebabkan ikan menyerap minyak terlalu banyak.

Menggoreng ikan bisa memakai minyak yang diolah dari kacang tanah karena minyak ini dapat mempertahankan suhu memasak paling tinggi. Minyak goreng sebaiknya berada pada suhu 176,7 derajat Celcius ketika digunakan.

Ketika menggoreng ikan, Anda bisa melapisinya dengan tepung terigu untuk memberikan tekstur renyah serta menutup juicy pada ikan. Goreng ikan sampai berubah warna cokelat keemasan. Setelah matang, angkat ikan lalu taruh di atas kain atau tisu bersih utnuk menghilangkan lemak berlebih sehingga ikan tetap memiliki tekstur yang renyah.

okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software