Friday, May 18, 2012

Pecahkan Telur Baiknya Tidak di Pinggiran Mangkuk






MELIHAT para chef memersiapkan bahan makanan untuk diolah adalah seni tersendiri. Lihat saja bagaimana mereka menumis, mengangkat makanan dari microwave, ataupun mengoleskan daging dari bumbu. Melelahkan, tetapi sebuah performa yang nikmat dipandang.

Bagi mereka yang tidak berpengalaman di dapur, memasak bisa menjadi hal yang mengintimidasi karena harus melakukan berbagai aktivitas dalam waktu bersamaan. Namun seperti pengakuan para chef, memasak membutuhkan latihan yang akan menjadikan Anda semakin mahir, meski di awal akan banyak kesalahan yang dilakukan.

Untuk meminimalisir berbagai kesalahan yang mungkin Anda lakukan, simak tips berikut ini, seperti dilansir The Daily Meal:
Memecahkan telur

Pecahkan telur pada permukaan yang datar, bukan di pinggiran mangkuk yang akan menyebabkan banyak serpihan dihasilkan. Ini tentu akan mengotori makanan Anda.

Memasak daging atau ikan beku

Memasak daging dan ikan beku beku sebaiknya tidak dilakukan. Bila bahan makanan ini dimasak pada kondisi beku, bagian luarnya akan lebih mudah matang ketimbang bagian dalamnya. Hasilnya, bagian tengah ikan maupun daging tidak akan matang dengan sempurna.

Memenuhi wajan

Ketika menggoreng, sebaiknya Anda tidak mengisi wajan dengan bahan makanan terlalu banyak. Juga ketika mencokelatkan daging, seperti steak. Cara ini hanya akan membuatnya tidak bisa matang dan hanya menghasilkan warna cokelat tidak merata. Pasalnya, bahan makanan akan mengeluarkan air ketika dimasak.

Memberi garam

Pastikan Anda mencicipi masakan pada setiap prosesnya, bukan hanya ketika baru saja memasukkan garam. Alasannya, garam bisa mengeluarkan cita rasa masakan, jadi ukur dengan hati-hati garam yang ingin digunakan. Juga, terlambat bila Anda memasukkan garam di akhir proses memasak.

Membuat adonan

Jangan mencampur sekaligus semua bahan makanan untuk dijadikan adonan. Pastikan Anda memerhatikan langkah-langkah membuat adonan; bahan mana yang dimasukkan lebih dahulu dan belakangan.

Menyimpan bumbu rempah


Cara terbaik untuk menyimpan bumbu dan rempah adalah membungkusnya ke dalam handuk kertas lalu masukkan ke dalam plastik.

okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software