Tuesday, August 28, 2012

Cara Nikmat Meminum Kopi

detail berita 

 KOPI memang telah hadir sejak berabad-abad lalu, tapi bukan berarti minuman sepanjang masa ini tidak lagi menarik. Dan meski sejak dahulu proses mengolah kopi sama saja; mulai digiling hingga diseduh, kopi kini bukan sekadar minuman yang menghangatkan tubuh.

Kopi bisa menawarkan pengalaman menyenangkan dari secangkir minuman beraroma, apakah disajikan atau dingin. Berikut beberapa buktinya, seperti dilansir Ehow:

Dari pohon ke cangkir
Proses peracikan kopi mulai dari ditanam, dipetik, hingga diseduh telah begitu adanya sejak ratusan tahun. Salah satu hal menyenangkan tentang kopi adalah cara menyeduhnya. Cara tradisional, adalah dengan merebusnya, seperti ditunjukkan kedai-kedai kopi Aceh.

Kini, cara modern juga sudah ditunjukkan kafe-kafe mewah; kopi cukup dimasukkan ke dalam perkolator atau coffee maker, biarkan menetes, lalu racik dengan bahan tambahan lainnya. Berbagai cara yang dihadirkan membuat pilihan meracik kopi hampir tak ada habisnya.

Bahan tambahanKopi bukan lagi hanya berwarna hitam. Tersedia banyak bahan lain yang akan membuatnya lebih nikmat, sebut saja tebu murni atau gula, pemanis buatan, kedelai, kacang kenari, krim, dan sebagainya. Dengan ini, Anda tentu akan semakin mudah bersenang-senang dengannya.

Kopi sebagai pencuci mulut
Kadang-kadang, topping kopi hanya hadir sebagai hiasan. Kekuatan rasa kopi tentu bisa Anda dapatkan ketika menyeruputnya lebih dalam. Secangkir kopi moka cokelat dengan topping berupa whipped cream atau cokelat serut, misalnya, tentu menggoda selera untuk hidangan sarapan istimewa. Namun, tidak ada yang melarang bila Anda ingin menjadikan minuman ini sebagai menu penutup momen makan.

Berbusa dan creamy
Cappuccino, macchiatos, dan espresso adalah deretan kopi plus susu yang memiliki banyak penggemar. Anda bebas menambahkan susu ke dalam kopi sesuai selera. Latte, misalnya, adalah minuman pas pagi hari karena mengandung lebih banyak susu dan espresso. Sementara, susu dalam cappuccino lebih sedikit sehingga lebih pas diminum setelah makan malam. Bila Anda memutuskan untuk meminumnya, berikan topping berupa whipped cream atau krim.

Sajikan dingin
Bosan dengan kopi hangat? Masukkan saja beberapa buah es batu kubus dan susu, kocok lalu Anda bisa segera menikmatinya. Atau, untuk melewati hari-hari panas yang menyengat, blender kopi bersama sedikit karamel atau cokelat dan es batu. Tuangkan ke dalam gelas lalu berikan topping berupa whipped cream.

Aduk tanpa sendok

Siapa bilang Anda harus menggunakan sendok untuk mengaduk secangkir kopi? Biskuit renyah bisa menjadi cara asyik untuk mengaduk kopi, jadi Anda akan menikmati santapan pagi yang berbeda. Biskuit ini bahkan bisa meninggalkan citarasa manis pada minuman Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software