Monday, August 13, 2012

Lezatnya Lengkeng

detail berita 

MANIS, bewarna putih agak bening, harum dan banyak mengandung air. Citarasa yang enak dan segar lengkeng atau kelengkeng menjadi daya pikat tersendiri. Belum lagi ragam khasiatnya, membuat buah bernama latin Dimorcarpus longan ini menjadi favorit banyak kalangan.

Lengkeng yang di negeri asalnya, daratan China bernama ong ya guo, kita kenal juga dengan sebutan mata kucing atau longan. Buah ini begitu kaya akan zat gizi. Dalam setiap butir buah kelengkeng terdapat banyak kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak dan vitamin A, vitamin B. Ada pula asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan atau fitokimia lainnya.

Semua sangat berguna bagi kesehatan. Gabungan senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat diantaranya mengendurkan syaraf sehingga memberikan efek penenang. Kandungan ini berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur dan sulit konsentrasi.

Selain itu, daging buah kelengkeng juga memiliki efek sedatif yang bermanfaat menyehatkan jantung, mengurangi debaran jantung. Buah lengkeng juga baik bagi orang dalam masa pemulihan sehabis sakit. Hal ini karena kandungan lengkeng dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah.

Karbohidrat kompleks (sukrosa) dan glukosa yang terkandung dalam lengkeng bisa meningkatkan energi, menambah tenaga, mengurangi rasa lapar, hingga meningkatkan stamina. Masih ada lagi, protein buah lengkeng berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.


0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software