Friday, August 3, 2012

Tempat Berburu Takjil di Jakarta

detail berita 



MENCARI menu berbuka puasa memang menjadi cerita tersendiri di bulan Ramadan. Dan untuk Anda yang tidak sempat mempersiapkan menu berbuka puasa, setidaknya ada lima pasar takjil yang bisa menjadi pilihan.

Lalu, dimanakah mencari takjil yang cukup beragam di Jakarta? Berikut sedikitnya lima tempat yang bisa Anda datangi:

Pasar Benhil
Bazzar Ramadan Pasar Benhil, Jakarta Pusat, warga Jakarta tentu sudah banyak yang tahu. Pasar kaget ini sudah ada sejak sekira 11 tahun lalu. Begitu banyak menu berbuka ditawarkan di sini, mulai makanan ringan hingga makanan berat, seperti kue lapis, sosis solo, panada, risoles, dimsum, lemper, kue lapis, martabak, kue jongkong, ikan bakar gurame, ikan kakap bakar, gudeg, dan sebagainya. Jangan lewakan pula berbagai macam pepes, mulai dari pepes tahu, pepes ikan mas, pepes tenggiri, ikan bilis, bubur kampiun durian, pempek, es cendol durian, es buah, biji salak, kolak pisang, dan masih banyak lagi.

Jalan Panjang
Jika Anda sedang berada di daerah Jakarta Barat, ada baiknya mampir ke Jalan Panjang, lebih tepatnya di kawasan Kebon Jeruk. Menu berbuka puasa di sini dijamin tidak akan Anda temui pada hari-hari biasa. Pasalnya, warga sekitar menyulapnya menjadi pasar kaget yang menjual aneka panganan khas pembuka puasa.

Berbeda dengan pasar Benhil yang rapi karena ada yang mengkoordinir, di Jalan Panjang terlihat semrawut. Mau tak mau kemacetan jalan sudah menjadi identik menuju ke kawasan ini.

Meski tak seramai di Pasar Benhil, pasar kaget Jalan Panjang ini menyediakan cukup banyak makanan. Sebut saja biji salak, bubur sumsum, bubur kacang ijo, bahkan berbagai macam kue, seperti kue lapis, lumpia, pastel, risoles, serta tempe mendoan.

Tak hanya itu saja, olahan mi, bihun, kerupuk gendar pun jadi salah satu pilihan berbuka puasa yang patut dicicipi. Untuk pelepas dahaga, Anda bisa mencicipi es buah, es pisang ijo, es dawet, ataupun sop buah.

Gandaria
Setelah area Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, Anda bisa sedikit bergeser ke area Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Jalan Gandaria.

Tempat ini sangat identik dengan beragam penjaja es kelapa muda, bahkan awalnya hanya satu atau dua pedagang. Namun kini, jangan heran bila mulai dari perempatan Rumah Sakit Gandaria hingga menuju Jalan Arteri Pondok Indah, sudah penuh oleh berbagai ragam jualan es kelapa muda.

Berbagai menu berbuka berupa gorengan juga ditawarkan, mulai dari tahu, bakwan, tempe, kue panada, hingga kue lapis, kolak biji salak, es buah, sop buah. Jangan heran bila di wilayah ini tak banyak yang menyediakan berbagai menu makanan berat.

Kramat Raya

Bila Anda berada di kawasan Senen, Jakarta Pusat, mungkin Anda bisa mampir ke Jalan Kramat raya, lebih tepatnya di dekat gedung bioskop Senen. Namun, makanan di sini lebih kepada kuliner khas Minang, Sumatera Barat. Makanan yang ditawarkan, mulai dari nasi kapau, bubur kampiun, lemang tapai, hingga srikaya telur.

Jalan Soka

Datangnya bulan suci Ramadan memang menjadi bulan berkah bagi seluruh warga Jakarta, terlebih di wilayah yang menjadi pasar kaget. Salah satunya di kawasan jalan Soka, kelurahan Rawa Badak, Jakarta Utara.

Untuk mencapai wilayah tersebut pun cukup mudah, letaknya tak jauh dari Pasar Ular Plumpang, Jakarta Utara. Meskipun tak sebesar di Jalan Panjang maupun di area wilayah Jakarta lainnya, pasar kaget ini sangat tepat bagi Anda yang ingin mencari menu takjil.

Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam  takjil, seperti gorengan, kue-kue basah, kolak, es, dan juga lauk pauk. Sebagian besar pengunjung di sini memang membeli makanan ringan, namun sebagian ada juga yang membeli lauk pauk, seperti pepes ikan, sambal goreng ati, ikan peda, oseng cumi-cumi, bandeng presto, ayam bakar, dan sate.

Meskipun terletak di wilayah pinggiran Jakarta, pasar kaget Jalan Soka cenderung tampak rapi. Pasalnya, wilayah ini diorganisasikan oleh para anggota karang taruna setempat.


0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software