Thursday, July 19, 2012

Kembang Tahu Nikmat disantap Saat Malam







Lembut, dan bertekstur halus merupakan ciri tahu yang berbahan baku kacang kedelai. Adapula variasi olahan kembang tahu yang nikmat disantap selagi hangat.

Salah satu penjual kembang tahu berlokasi di Jalan Kober, Margonda, Depok, Jawa Barat. Di sini tersedia kembang tahu Pontianak.

Aseng (50), penjual kembang tahu, mengatakan bahwa kembang tahu buatannya mirip agar-agar. Bedanya, kembang tahu ini berwarna putih. Untuk mengolah kacang kedelai hingga menjadi kembang tahu, Aseng menjelaskan tahap-tahapnya.

Tiga variasi rasa kembang tahu yang disediakan, yaitu original, keju, dan kacang. Selain kembang tahu, Aseng juga menyediakan susu kedelai dan sari kacang hijau.

Cara pembuatan minuman-minuman tersebut cukup mudah. Dijelaskan Aceng, sama seperti membuat kembang tahu, bedanya minuman direbus sebentar saja. Dan menurutnya, kacang hijau yang diperlukan untuk sari kacang hijau lebih banyak daripada kacang kedelai untuk kembang tahu.

Warung yang berdiri pertengahan Ramadan 2011 ini kini mampu menghabiskan bahan enam kilogram kacang kedelai setiap harinya. Setelah diolah, kedelai dimasukkan ke termos besar yang bisa menampung dua termos. Sementara, satu termosnya menampung 60 liter kembang tahu.

Mengenai harga, Aseng mematok Rp5 ribu untuk kembang tahu original, Rp7 ribu untuk kembang tahu keju, dan Rp6 ribu untuk kembang tahu kacang. Untuk minumannya, susu kedelai dihargai Rp3 ribu dan sari kacang hijau Rp4 ribu. Setiap harinya, warung Aceng buka mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB.


0 comments:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software